Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa itu Design Thinking dan Keuntungan Design Thinking


Mengenal Pentingnya Design thinking


Mengenal Apa itu Design Thinking dan Keuntungan Design Thinking


Design thinking sering didengar istilah design thinking ini dikenalkan oleh perusahan dibidang teknologi seperti google dan apple. Design thinking dibuat untuk menyelesaikan permasalahan pada sebuah organisasi bertujuan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan dalam sebuah organisasi bahkan bisa mendapatkan keuntungan dari design thinking ini.
Jika di sederhanakan maka menjadi sebuah segitiga Masalah – Service – Solusi, berfikir tentang masalah dialami banyak manusia didalam sebuah organisasi memberikan sebuah service ( layanan ) ada rasa bentuk empati kepada mereka ( dalam organisasi) untuk menyelesaikan masalah tersebut yang diterapkan dalam bentuk sebuah prototipe dari ide yang dibangun dengan cara mengujinya dengan beberapa test hingga akhirnya diterima menjadi sebuah solusi nyata.
Agar menjadi sebuah Design thinking yang berhasil ada  beberapa komponen yang harus dipenuhi dalam membuat design thinking tersebut paling tidak ada 5 tahapan. 

Berikut ini beberapa tahapan yang dilakukan dalam membentuk sebuah design thinking

EMPATHIZE :  kemampuan dalam cara anda memahami orang lain  dan memahami bagaimana mereka melakukan sesuatu dan mengapa mereka melakukan itu.
DEFINE : kemampuan cara anda dapat  mengetahui bagaimana orang berfikir dan yang dia rasakan, serta  mencoba untuk mengerti apa yang orang tangkap secara fisik serta gambaran dari pengalaman nyata tentang apa mereka yang dapatkan dan mereka katakan.
IDEATE: pada tahapan ini adalah cara dimana anda dapat  untuk memunculkan pemikiran desain. Yang bertujuan untuk memicu ide-ide baru yang sangat menarik dan besar, yang bisa mewakili untuk menjawab masalah yang dialami oleh mereka sehingga menjadi solusi potensial yang ada. Cara membuat pada tahapan dari proses ini adalah dengan melakukan  brainstorming, sketsa, pemetaan.
PROTOTYPE : dengan adanya dalam membuat sebuah ide yang dapat untuk diimplentasikan merupakan langkah yang sangat penting dalam membuat sebuah pemikiran desain menjadi nyata, selayaknya siklus pengulangan maka yang perlu dilakukan adalah menguji lagi ide-ide yang sudah ada untuk di validasi dan di perbaiki lagi sebelum ditest untuk diterapkan kebanyak orang.
TEST : pada tahapan akhir ini adalah dimana ketika anda meminta untuk memberikan sebuah umpan balik terhada prototipe yang telah anda buat, untuk melakukan perbaikan serta mengetahui peluang lain untuk pekembangannya dan sekaligus untuk mendapatkan rasa empati bagi orang yang anda ingin selesaikan masalahnya.

Keuntungan  dari Design thinking

Manfaat yang diperoleh dari adanya sebuah desain thinking yaitu diharapkan mampu untuk menyelesaikan masalah dengan teknis yang saling berkolaborasi, variative dan tidak terbatas. Sehingga keterlibatan dari semua aspek memerankan dalam menyelesaikan masalah. Dengan bentuk wujud yang diterima berupa kepuasan anggota secara merata secara waktu yang lebih efesien.
Design Thinking di Implentasikan ke dalam Organisasi / Perusahaan
Ketika sebuah Organisasi / Perusahaan mengImplentasikan Design Thinking maka akan memberikan sebuah ide – ide baru yang segar untuk dapat menyelesaikan  anggota ataupun masalah didalamnya. Dimana organisasi / perusahaan tersebut dapat melakukan test prototipe yang telah dibuat dan mengevaluasinya dalam memahami tantang ataupun masalah yang sedang dihadapi.
semoga bisa membuat design thinking sederhana untuk mencari jalan keluar solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi

Post a Comment for "Mengenal Apa itu Design Thinking dan Keuntungan Design Thinking"